#

Apa Beda Wiki Dengan Blog Atau Website

Benar, apa ya beda wiki, blog, website? Kita semua tahu ‘Wikipedia’, sebuah situs yang sangat terkenal (Alexa #6) dengan beraneka ragam pengetahuan. Kita juga mengenal ‘WikiLeaks’ yang menggemparkan dunia karena menyebarkan dokumen kategori rahasia.
Kalau dilihat dua situs wiki di atas, sama seperti blog atau website biasa; bedanya, di konten. Konten Wikipedia dan WikiLeaks merupakan kontribusi banyak orang. Kita tidak tahu penulis wiki.
Bisakah kita membuat wiki? Seperti apa wiki itu? Dan sejumlah pertanyaan lain tentang wiki.

Konsep wiki

Konsep wiki sederhana. Wiki merupakan jawaban sebuah topik yang tidak atau sukar ditemukan jawaban atau penjelasannya. Wiki tidak berbeda dengan blog atau website kecuali konten yang boleh ditulis oleh semua orang (terpilih). Contoh gampang gambar di samping. Saya ingin pergi ke Amsterdam di negeri Belanda. Saya masih awam dan buta, tidak punya pengalaman perjalanan ke luar negeri samasekali. Dari mana saya mulai?
Tinggal berkirim email ke rekan-rekan yang pernah pergi ke sana, menceritakan pengalamannya sejak berangkat hingga kembali ke tanah air dengan selamat. Beres. Tetapi informasi yang akan saya terima pasti tidak lengkap. Untuk melengkapi? Wiki.
Dibuatlah wiki seperti gambar di bawah ini,
Solusi wiki
Kumpulan informasi yang diterima teman, rekan, saudara, dan A-B-C-D yang tidak kita kenal, jauh lebih lengkap. Kita hanya mengarahkan, membagi atas kategori seperti dokumen penting, prosedur masuk-keluar negara, bahasa, mata uang, pakaian, cuaca, transpor lokal, akomodasi, tempat makan, tempat rekreasi, hal yang harus diwaspadai, tips berhemat, dan seterusnya.

Manfaat wiki

Wiki kita jadi panduan perjalanan (traveling guide) yang dicari semua orang! Wiki diminati karena sangat komprehensif, dilengkapi video dan foto bagus, yang akurat dan bisa dipercaya.
Manfaat wiki bisa diperluas ke negara Eropa lainnya dan sebaliknya perjalanan ke negeri kita. Misalnya wiki parwisata yang kontennya tentang pulau, flora, fauna, budaya, dan hal menarik lainnya, tetapi terlewatkan. Atau wiki jamu? Bukankah kita kaya luar biasa dengan rempah-rempah dan tanaman obat.

Sumber :  http://rioseto.wordpress.com/2013/02/11/apa-beda-wiki-dengan-blog-atau-website/

0 comments:

Posting Komentar