#

Apa itu situs wiki?

Apakah Anda siap mencari jawaban dari sebuah pertanyaan dan membagikannya pada orang lain ? Website wiki merupakan salah satu wadah bagi Anda untuk berbagi dan bertukar pikiran, bagi saya sendiri website wiki merupakan salah satu referensi dan Acuan dalam menulis sebuah Artikel karena merupakan gudangnya pengetahuan.

Apakah Wiki itu ? wiki merupakan istilah utnuk website yang mengizinkan siapapun berkontribusi menambah dan mengubah konten website tersebut. Karena itu, komunitas merupakan kekuatan utama website wiki.
Pada umumnya, website wiki memiliki standar bahasa yang mirip dengan markup languange (seperti HTML), tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana agar mudah digunakan. Salah satu hal yang sering dikritik (ini mungkin sejak awal ide kolaborasi masal ini dicetuskan) dari wiki adalah akurasinya. Karena dapat ditulis oleh siapa saja, dapatkah keakurasiannya terjamin ? Terutama jika dibandingkan pengetahuan dari seorang pakar lengkap dengan sederet gelar akademis dan perstasi yang mengagumkan.
Tetapi perlu diingat kenyataannya adalah tidak ada seorang pakarpun yang mengetahui semuanya, sementara setiapa orang pasti mengetahui sesuatu. Bayangkan jika setiap orang menyumbangkan satu hal saja hal yang diketahuinya, maka akan terbentuk sebuah gudang pengetahuan yang sangat luas. Lihat saja sendiri pada Wiki How (http://www.wikihow.com) adalah sebuah contoh website wiki, yang khusus berisi informasi How To yang dapat dikontribusikan oleh siapa saja, Contoh lain adalah Wiki Lyrics (http://lyricwiki.org) yang berisi informasi lirik lagu, Wiki Species (http://species.wikimedia.org) yang berisi informasi spisies, wiki ensiklopedia yang sangat terkenal, wikipedia (http://wikipedia.org) bahkan Google Inc telah resmi meluncurkan Knol (http://knol.google.com) yang merupakan wikipedia ala Google. Dari komunitas yang telah terbentuk dan terus berkembang hingga kini Wikipedia telah mampu menampilakan informasi yang secara garis besar cukup lengkap dan sering dijadikan referensi.
Hebatnya tampilan website wikipedia yang sudah begitu terkenal ini terus berkembang tanpa adanya iklan, apakah Anda sudah tahu pengumuman dari pendiri wikipedia jimmy Wales ? berikut ini kutipan dari pendiri wikipedia :
Sebuah permohonan dari pendiri Wikipedia Jimmy Wales

Saya adalah sukarelawan.Saya tidak dibayar sesen pun untuk kerja saya di Wikipedia, demikian juga dengan ribuan sukarelawan penulis dan penyunting Wikipedia. Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda.  Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini – di Wikipedia.
Wikipedia merupakan situs yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran – untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Wikipedia adalah sebuah proyek yang sangat unik, pertama sepanjang sejarah. Proyek ini merupakan proyek kemanusiaan yang memberikan akses ensiklopedia bebas kepada setiap orang di muka bumi ini.
Setiap orang.
Jika masing-masing pengguna Wikipedia yang berjumlah 400 juta menyumbang AS$1 saja, kita sudah akan punya uang 20 kali lipat lebih banyak dari yang kita butuhkan. Kami adalah organisasi yang kecil, dan saya sudah berusaha keras dalam tahun-tahun ini untuk menjaga agar pengeluaran kami tetap kecil dan seperlunya saja. Kami sudah memenuhi misi kami, dan kami tidak membuang apa pun.
Untuk melakukan hal ini tanpa harus terpaksa mengandalkan iklan, kami membutuhkan Anda. Andalah yang menjaga mimpi ini tetap hidup. Andalah yang membuat Wikipedia. Andalah yang percaya bahwa kita perlu memiliki tempat untuk belajar dan melakukan perenungan dengan tenang.
Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan AS$20, $35, $50, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.
Terima kasih,
Jimmy Wales
Pendiri Wikipedia
Lebih lanjut klik link berikut ini : disini.
Partisipasi, Atensi dan kepedulian Kita semua dibutuhkan dalam hal ini demi kelestarian Wikipedia di masa yang akan datang. Kalau Anda mencintai Wiki maka don’t be evil…….!
Sumber: http://handbook.wikidot.com/id:what-is-a-wiki-site

0 comments:

Posting Komentar