#

Pendidikan Ar-Risalah

SMA AR-RISALAH
            SMA Ar-Risalah berdiri ditengah-tengah Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri pada tahun 2003/2004 berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Nomor : 41.3/497/108.08/2004 tanggal 28 September 2004 yang memadukan Pendidikan Al-Qur’an, Pendidikan Agama, Pendidikan Umum, Teknolgi dan bahasa. Semua siswa diwajibkan tinggal di asrama pondok pesantren sehingga lebih terkontrol dari segi pembinaan akhlaq, mental, keilmuan, skill, dan pelaksanaan ubudiyah sehari-harinya.
           SMA Ar-Risalah dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ar-Risalah Kota Kediri yang terakreditasi A, sejak tahun pelajaran 2007/2008 telah mengembangkan proses pembelajaran berbasis TIK dimana semua guru dan siswa menggunakan media LAPTOP dimasing-masing kelas sehingga proses pembelajaran akan lebih cepat, terarah dan lebih menarik, hal ini merupakan upaya SMA Ar-Risalah memberikan pelayanan pendidikan maksimal.

SMP AR-RISALAH
          SMP Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri berdiri tahun ajaran 2000/2001 sebagai tindak lanjut atas kelulusan pertama SD Ar-Risalah, dimana dipandang perlu untuk menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP sebagai wadah lulusan SD Ar-Risalah, SMP Ar-Risalah berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ar-Risalah Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah yang berlokasi dikomplek Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Pendirian SMP Ar-Risalah ini ditindak lanjuti dengan keluarnya Surat Keputusan tentang Ijin Penyelenggaraan Sekolah Swasta dari Drs. H. Rasiyo, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi No. 421.3/1416/108/2002 tertanggal 3 September 2007, tercatat pada waktu itu bahwa siswa angkatan pertama kelas I SMP Ar-Risalah berjumlah 39 siswa putra dan putri dan terus bertambah pada tahun-tahun selanjutnya.
           Sebagai bentuk program peningkatan kualitas pendidikan tiap satu lokal kelas hanya di isi maksimal 20 0rang siswa, maka diharapkan proses belajar mengajar serta transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dapat berjalan dengan maksimal sehingga akan tercipta kualitas pendidikan yang unggul. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Ujian Nasional dalam 4 (empat) tahun terakhir dimana SMP Ar-Risalah dapat meluluskan semuanya siswanya (lulus 100%) bahkan berhasil menorehkan prestasi sebagai Sekolah dengan nilai rata-rata Ujian Nasional tertinggi se-Kota Kediri pada tahun ajaran 2004/2005 dan 2005/2006.
Pada tahun ajaran 2006/2007 nilai rata-rata UAN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 8,90 dengan nilai tertinggi 9,60, Bahasa Inggris nilai rata-rata 8,80 dengan nilai tertinggi 9,60, Matematika nilai rata-rata 9,60 dengan nilai tertinggi 10,00. Dan pada bulan September 2007 ini salah satu siswa SMP Ar-Risalah yaitu Indra Dwi Wicaksono juga berhasil mencatat prestasi yaitu berhasil mewakili propinsi Jawa Timur menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional ke VI yang di selenggarakan di Surabaya tanggal 2 – 8 September 2007. Pada tahun ajaran 2005/2006 SMP Ar-Risalah memperoleh status akreditasi A dengan nomor SK No.02/BASKOT/HK/I/2006 tertanggal 23 Januari 2006 dengan nilai 98,43 yang merupakan nilai akreditasi tertinggi di Kota Kediri. Pada tahun ajaran 2007/2008 ini jumlah siswa SMP Ar-Risalah 136 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas dengan jumlah tenaga pengajar 26 orang.Selain kurikulum mengikuti kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, SMP Ar-Risalah juga memasukkan beberapa mata pelajaran tambahan sebagai program unggulan yaitu Bahasa Jepang dan Bahasa Arab, dengan tujuan agar outputnya siap mengahadapi era globalisasi yang mana tuntunan berbahasa asing mutlak diperlukan.

SD AR-RISALAH
           Sekolah Dasar (SD) Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri didirikan pada tahun 1999 yang mendapat Rekomendasi izin pendirian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur tanggal 13 Juli 1999 Nomor : 421.2/335/112.04/1999 dan Rekomendasi Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Kediri tanggal 15 Juni 1999 Nomor : 421/844/420.16/1999 dibawah naungan Yayasan Pendidikan (YP) Ar-Risalah yang diasuh oleh KH. M. Ma’roef Zainuddin dan Hj. Aina Aina’ul Mardiyah Anwar, S.H.I.
           Pada mulanya SD Ar Risalah dikelola langsung oleh Ibu Hj. Aina Aina’ul Mardliyah Anwar S.H.I sebagai kepala sekolah pertama, kemudian seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dan pendidikan yang semakin pesat Yayasan Pendidikan Ar Risalah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan sebagai media pembantu pembelajaran siswa, sampai saat ini dalam kurun waktu sembilan tahun Yayasan Pendidikan Ar Risalah telah memberikan fasilitas berupa Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biologi, Ruang Multimedia, Ruang Perpustakaan, Ruang UKS, Ruang Ketrampilan dan Ruang Kesenian. SD Ar Risalah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mendidik siswa / siswinya untuk membudayakan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, rapih, indah, disiplin dan berbudi pekerti luhur, serta mewajibkan siswa untuk mengikuti sekolah madrasah Al Qur’an pada pagi hari dan mengikuti sekolah madrasah Diniyah pada sore hari, sehingga memudahkan bagi peserta didik untuk mempelajari dan memahami dalam penyampaian materi dan lebih terarah menjadikan siswa-siswi SD Ar-Risalah memiliki kemampuan serta wawasan keilmuan lebih luas, penataan waktu yang sistematis mulai pagi sampai malam hari sehingga lebih dikenal dengan sebutan Full Day Night School.
           Semua siswa-siswi SD Ar-Risalah diasramakan dengan diawasi dua pengurus pada setiap kamarnya, serta mewajibkan belajar pada jam wajib belajar mulai pukul 18.30 – 21.00 WIB dengan sistem pengulangan materi pelajaran semua siswa diharapkan mampu menguasai semua materi pelajaran dan, diharapkan bisa terwujudnya program belajar tuntas untuk SD Ar-Risalah kedepan.

PENDIDIKAN ALQURAN
Madrasah Al-Qur’an Ar-Risalah (MQA) yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah adalah Pendidikan Al-Qur’an yang menggunakan kitab Al-Qur’an standar Rosm Utsmani yang orisinil dan buku standar tajwid pondok pesantren salafi terpadu. Madrasah Al-Qur`an yang orientasi untuk meningkatkan kualitas santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid yang mu’tabar. Pembelajaran Madrasah Al-Qur’an Ar-Risalah yang menggunakan standar Rosm Utsmani ini mengambil waktu pembelajaran mulai pukul 05.00-07.00 pagi.Jenjang pendidikan di Madrasah Al-Qur’an Ar-Risalah mulai tingkat Ibtida’iyyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Bagi siswa baru yang belum mampu membaca dengan baik dan benar dimasukan ke kelas khusus selama satu tahun untuk memperkenalkan lebih lanjut dalam pendidikan Al-qur-an yang akan diterjuninya. Madrasah Al-Qur’an Ar-Risalah berupaya membekali santri yang akan terjun ke masyarakat dengan mampu menguasai dan menerapkan ajaran Al-Qur’an.

PENDIDIKAN DINIYAH
Pendidikan diniyah adalah merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama islam baik formal, non-formal maupun informal. Pembelajaran Madrasah Diniyah Ar-Risalah berdasarkan referensi kitab-kitab kuning kurikulum pondok pesantren mencakup beberapa disiplin ilmu agama seperti Ilmu Al-Qur’an, Ilmu Tafsir, Ilmu hadits, Ilmu Akhlak dan Adab, Fiqih dan Ushul Fiqih, Gramatika Arab (Nahwu Shorof), Sastra Arab (Balaghoh dan Ilmu Arudl), Manthiq (Filsafat Islam), Falak (Astronomi), Tarikh Islam (Sejarah) dan Bahasa Arab. Jenjang pendidikan di Madrasah Diniyah Ar-Risalah mulai tingkat Ibtida’iyyah (6 tahun), Tsanawiyah (3 tahun) dan Aliyah (3 tahun), dengan mengambil waktu pembelajaran mulai pukul 15.00-16.00 sore, bagi siswa baru yang belum mampu mengikuti pendidikan formal diniyah dimasukkan pada kelas khusus selama satu tahun guna memperkenalkan lebih lanjut pendidikan diniyah yang akan diterjuninya.
Madrasah Diniyah Ar-Risalah berupaya membekali santri yang akan terjun ke masyarakat dengan penguasaan ilmu agama yang mumpuni yang sesuai dengan prinsip-prinsip empat madhzab dalam fiqihnya dan prinsip-prinsip Ahlussunah wal jama’ah. Untuk mengembangkan penguasaan kitab kuning, Madrasah Diniyah Ar-Risalah diantaranya memakai sistem sorogan yaitu kegiatan membaca kitab kuning di depan guru dan para santri dituntut untuk bisa membaca kitab kuning sesuai dengan ilmu Gramatika Arab kegiatan ini adalah sebagai penunjang siswa dalam memahami kitab kuning.

Prestasi yang pernah diraih santri-santri Pondok Pesantren Ar-Risalah
  • Juara 10 Besar Lomba Chinese Bridge Internasional Beijing China (2012)
  • Juara I Lomba Chinese Bridge Nasional Pontianak (2012)
  • Juara I Olimpiade Fisika SMP Nukleon UM Malang (2012)
  • Juara II OSN SMP Biologi Kota Kediri (2012)
  • Juara II OSN SMP IPS Kota kediri (2012)
  • Juara II OSN SMP Fisika kota Kediri (2012)
  • Juara Harapan II Lomba Pidato Bahasa Arab POSPEDA Jombang (2012)
  • Juara II Lomba Photographi POSPEDA Jombang (2012)
  • Juara I Lomba Cipta Puisi POSPEDA Jombang (2012)
  • Juara I Lomba Hifdzil Qur’an Kota Kediri (2012)
  • Juara I Lomba Tartilil Qur’an Putra Kota Kediri (2012)
  • Juara I Lomba Tartilil Qur’an Putri Kota Kediri (2012)
  • Juara Harapan I Cipta Pusi Kota Kediri (2012)
  • Juara I MQK Tingkat Jawa Timur (2008)
  • Juara I Puitisasi Alquran Tingkat JawaTimur ( 2007 )
  • Juara II Pidato Bahasa Inggris Tingkat Jawa Timur ( 2007 )
  • Meloloskan Peserta Olimpiade Sains Hingga Tingkat Nasional ( 2007 )
  • Mendelegasikan Peserta Lomba MTQ Tingkat Jawa Timur ( 2007 )
  • Juara II MQK se Kabupaten – kota kediri ( 2007 )
  • Juara I Cerdas Cermat se Kabupaten – kota Kediri ( 2007 )
  • Juara II Cerdas Cermat Tingkat SMP se Kabupaten – kota Kediri ( 2007 )
  • Juara I Pidato Bahasa Inggris Tngkat SMP se Kota Kediri ( 2007 )
  • Juara I dan II tartil Al-Quran Tingkat SD se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SD se Kota Kediri (2007)
  • Mendelegasikan Peserta Lomba Pidato Tingkat SD se Jawa Timur (2007)
  • Mendelegasikan Peserta Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat SD se -Jawa Timur (2007)
  • Berhasil mengantarkan santri mendapatkan bea siswa ke sejumlah perguruan tinggi favorit (2007)
  • Juara I Pidato Bahasa Indonesia kategori Putra Tingkat SMP se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Pidato Bahas Indonesia kategori Putri Tingkat SMP se Kota Kediri (2007)
  • Juara II Cerdas Cermat Tingkat SMP se Kota Kediri (2007)
  • Juara II Adzan Tingkat SMP se kota Kediri (2007)
  • Juara II Seni Murottal Quran kategori Putra Tingkat SMP se Kota Kediri (2007)
  • Juara III Shalat Berjamaah Tingkat SMP se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Pidato Bahasa Indonesia kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Murotal Quran kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Pidato kategori Putra Tingkat SMA se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Murottal Quran kategori Putri Tingkat SMA se Kota Kediri (2007)
  • Juara II Cerdas Cermat Tingkat SMA se Kota Kediri (2007)
  • Juara III Murottal Quran kategori Putra Tingkat SMA se Kota Kediri (2007)
  • Juara I Shalawat se Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri (2007)
  • Juara I Presenter se Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri (2007)
  • Juara I Cerdas Cermat se Kabupaten & Kota Kediri (2007)
  • Juara II MC se Kabupate & Kota Kediri (2007)
  • Juara II Pidato Bahasa Inggris se Kabupaten & Kota Kediri (2007)
  • Juara II Musabaqah Qiraatil Kutub Tingkat Remaja (wustho) se Kabupaten & Kota Kediri (2007)
  • Juara I Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SD (2006)
  • Juara Harapan I Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SD (2006)
  • Juara I Tilawatil Quran kategori Putri Tingkat SMP se Kota Kediri (2006)
  • Juara I Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Hadits Tingkat Remaja (wustho) se Jawa Timur (2006)
  • Juara I Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Tafsir kategori Putra Tingkat Remaja (wustho) se Jawa Timur (2006)
  • Juara I Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Tafsir kategori Putri Tingkat Remaja (wustho) se Jawa Timur (2006)
  • Juara I Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang HaditsTingkat Nasional (2006)
  • Juara I Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Tafsir Tingkat Nasional (2006)
  • Juara II Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Tafsir Tingkat Nasional (2006)
  • Juara III Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Hadits Tingkat Nasional (2006)
  • Juara Harapan II Musabaqah Qiraatil Kutub Bidang Tafsir Tingkat Nasional (2006)
  • Juara I Kebersihan, Kerapian, dan Penghijauan Sekolah Tingkat SD se Kota Kediri (2005)
  • Juara II Pidato Bahasa Indonesia kategori Putra Tingkat SMP se Kota Kediri (2005)
  • Juara Harapan I Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMP se Kabupaten & Kota Kediri (2005)
  • Juara Harapan I Kaligrafi Tingkat SMP se Kabupaten & Kota Kediri (2005)
  • Juara III Bahasa Inggris Tingkat SMA se Kabupaten & Kota Kediri (2005)
  • Juara II Tilawatil Quran Tingkat SD se Kota Kediri (2004)
  • Juara I Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SMP se Kota Kediri (2004)
  • Juara II Matematika Tingkat SMP se Kota Kediri (2004)
  • Juara II Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMP se Kota Kediri (2004)
  • Juara II Tartilil Quran kategori Putri se Kota Kediri (2004)
  • Juara III Tartilil Quran kategori Putra se Kota Kediri (2004)
  • Juara I Tartilil Quran kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2003)
  • Juara I Khotthil Quran Tingkat SD se Kota Kediri (2003)
  • Juara I Bahasa Inggris Tingkat SD se Kota Kediri (2003)
  • Juara II Tartilil Quran kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2003)
  • Juara Harapan I Gerak Jalan kategori Putra Tingkat SD se Kecamatan Mojoroto (2003)
  • Juara I Kaligrafi Tingkat SMP (2003)
  • Juara I MTQ kategori Putra Tingkat SMP se Kota Kediri (2003)
  • Juara II Bahasa Inggris Tingkat SMP se Kota Kediri (2003)
  • Juara III MTQ Tingkat SMP se Kota Kediri (2003)
  • Juara III Khotthil Quran Tingkat SMP se Kota Kediri (2003)
  • Juara III Kaligrafi Tingkat SMP (2003)
  • Juara II MTQ kategori Putra Tingkat SMA se Kota Kediri (2003)
  • Juara III MTQ kategori Putri Tingkat SMA se Kota Kediri (2003)
  • Juara I Tartilil Quran kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2002)
  • Juara I Cerdas Cermat Agama Tingkat SD se Kota Kediri (2002)
  • Juara II MTQ kategori Putra Tingkat SD se Kota Kediri (2002)
  • Juara II Tartilil Quran kategori Putri Tingkat SD se Kota Kediri (2002)
  • Juara II Adzan Tingkat SD se Kota Kediri (2002)
  • Juara I Adzan & Iqamah Tingkat SD se Karesidenan Kediri (2000)
  • Juara III Pidato se Karesidenan Kediri (2000)
Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1. Visi
  • Terbentuknya kepribadian luhur, jujur, disiplin dan berakhlak mulia serta unggul dalam ilmu pengetahuan modern dan teknologi.Indikator Visi
  • Mengedepankan profesionalisme, disiplin dan efisien dalam belajar
  • Unggul dalam pembinaan nilai-nilai keagamaan dan akhlak mulia dalam membentuk pribadi yang luhur dan jujur
  • Beprestasi tinggi sebagai gambaran hasil pembelajaran guru dan siswa
  • Berkualitas dalam pembinaan bahasa asing
  • Mengembangkan pendidikan dengan penerapan teknologi dan praktek lapangan
  • Meningkatkan pembinaan prestasi dan kompetensi siswa serta program peningkatan sumber daya guru
  • Pengembangan pembelajaran yang berbasis teknologi yang inovatif dan penerapan langsung serta pengoptimalan fungsi laboratorium dan perpustakaan
2. Misi
  • Menerapkan sifat profesional dalam belajar dan mengajar serta disiplin sebagai cermin pembangunan karakter bangsa di masa depan
  • Mengembangkan aktifitas keagamaan serta proses pembelajaran yang disertai nilai-nilai kegamaan yang bersifat aplikatif
  • Meningkatkan pembinaan bahasa asing yang terdiri dari bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Jepang serta penggunaannya dalam pembelajaran
3. Tujuan Sekolah
  • Siswa dapat memiliki kedisiplinan dalam segala hal, berkepribadian dan berkarakter kuat.      Guru dapat menjadi contoh bagi siswa dalam hal profesionalisme dan kedisiplinan.
  • Siswa memiliki akhlak yang terpuji serta mendalami dan senantiasa mempraktekkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan sehari-hari.
  • Peningkatan Nilai Ujian Nasional (NUN), dari segi rata-rata maupun perorangan.Meraih berbagai prestasi akademis dan non akademis mulai tingkat kota sampai internasional.
  • Semua guru mempunyai sumber daya yang unggul dan mampu mengapliksikan teknologi modern dalam pembelajaran.
  • Guru dan siswa mampu berbahasa asing dan dipraktekkan sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.
  • Siswa mampu mengoperasikan komputer beserta semua programnya dan menerapkannnya dalam keorganisasian, pembuatan majalah dinding dan pembelajaran.
    Guru mampu menggunakan software pembelajaran dan pembelajaran TIK.
  • Siswa mampu mempraktekkan sains dan teknologi secara langsung dilapangan.
  • Komputerisasi perpustakaan